Senin, 26 Oktober 2009

Renungan al-Qur'an

RENUNGAN PERTAMA

(Qs. 6 : 153)

JALAN SATU-SATUNYA

Alloh Subhanahu wa Ta`ala berfirman :

Dan bahwa (yang kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah dia, dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu akan menyimpangkan kalian dari jalanNya (yang lurus). Hal itu diperintahkan Alloh agar kalian bertakwa. (QS. Al An`aam [6] : 153)

Tafsir Ayat :

Di dalam kitab “Zubdatut Tafsir Min Fathil Qodir” dijelaskan :

“(Sesungguhnya) inilah jalanKu yang lurus) [yaitu jalan yang menyampaikan kepada keridoanKu, Dienul Islam]. Lalu, Dia memerintahkan mereka untuk mengikuti jalan itu serta melarang mereka mengikuti berbagai (jalan-jalan lain) yaitu agama-agama yang saling berbeda ajaran prinsipnya. (karena jalan-jalan lain ini mentafarruqkan kalian) yaitu menyimpangkan kalian (dari jalanNya yang lurus itu) yaitu jalan Alloh yang lurus, dienul Islam. Jalan-jalan lain itu mencakup agama Yahudi, Nasrani, Majusi, tradisi-tradisi (selain Islam), bid`ah dan berbagai kesesatan yang berupa hawa nafsu dan berbagai sempalan. Ibnu Mas`ud rodiyawlohu `anhu berkata :

خَطَّ رَسُوْلُ اللهِ خَطًّا بِيَدِهِ ثُمَّ قَالَ هَذَا سَبِيْلُ اللهِ مُسْتَقِيْمًا ثُمَّ خَطَّ خُطُوْطُا عَنْ يَمِيْنِ ذَلِكَ الْخَطِّ وَعَنْ شِمَالِهِ ثُمَّ قَالَ وَهَذِهِ السُّبُلُ لَيْسَ مِنْهَا سَبِيْلٌ إِلاَّ عَلَيْهِ شَيْطَانٌ يَدْعُو إِلَيْهِ ثُمَّ قَرَأَ

Suatu saat Rosululloh sellewlohu `alaihi wa sallam menggaris suatu garis lurus dengan tangannya, kemudian bersabda : ini adalah jalan Alloh yang lurus. Kemudian beliau sellewlohu `alaihi wa sallam membuat beberapa garis di kanan dan kirinya, lalu bersabda : ini adalah jalan-jalan, di setiap jalan ini terdapat syaithon yang menyeru kepadanya. Kemudian beliau sellewlohu `alaihi wa sallam membaca ayat ini (Sesungguhnya ini adalah jalanKu….)”.[1]

Rosululloh sellewlohu alaihi wa sallam bersabda :

ضَرَبَ اللهُ تَعَالَى مَثَلاً صِرَاطًا مُسْتَقِيْمًا وَعَلَى جَنْبَتَيِ الصِّرَاطِ سُوْرَانِ، فِيْهِمَا أَبْوَابٌ مُفَتَّحَةٌ، وَعَلَى اْلأَبْوَابِ سُتُوْرٌ مُرْخَاٌة، وَعَلَى الصِّرَاطِ دَاعٍ يَقُوْلُ: يَاأَيُّهَا النَّاسُ ادْخُلُوا الصِّرَاطَ جَمِيْعًا وَلاَ تَعْوَجُّوْا، وَدَاعٍ يَدْعُوْ مِنْ فَوْقِ الصِّرَاطِ، فَإِذَا أَرَادَ اْلإِنْسَانُ أَنْ يَفْتَحَ شَيْئًا مِنْ تِلْكَ اْلأَبْوَابِ قَالَ: وَيْحَكَ لاَ تَفْتَحْهُ، إِنَّكَ إِنْ تَفْتَحْهُ تَلِجْهُ، فَالصِّرَاطُ اْلإِسْلاَمُ، وَالسُّوْرَانِ حُدُوْدُ اللهِ تَعَالَى، وَاْلأَبْوَابُ المُفَتَّحَةُ مَحَارِمُ اللهِ تَعَالَى، وَذَلِكَ الدَّاعِي كِتَابُ اللهِ، وَالدَّاعِي مِنْ فَوْقِ الصِّرَاطِ وَاعِظُ اللهِ فِي قَلْبِ كُلِّ مُسْلِمٍ

“Alloh mengumpamakan sirotulmustaqim sebagai sebuah jalan yang di samping kanan dan kirinya terdapat pagar, pada masing-masing pagar terdapat pintu-pintu yang terbuka, pada pintu-pintu itu terdapat tirai yang terurai. Di pangkal sirot ada penyeru yang menyatakan: ‘Wahai manusia, masuklah kalian semua ke dalam sirot dan jangan membelok!’. (Disamping itu) ada pula penyeru (lain) dari atas sirot yang jika seseorang ingin membuka sesuatu dari pintu-pintu tersebut ia berkata:’ Celaka kamu, jangan engkau buka pintu-pintu itu, jika engkau membukanya, maka engkau akan masuk ke dalamnya!’. Sirot tersebut adalah Islam, dua pagar adalah hudud (larangan-larangan) Alloh, pintu-pintu terbuka adalah hal-hal yang diharamkan Alloh, yang menyeru di pangkal sirot adalah Kitabulloh, adapun penyeru dari atas sirot adalah peringatan Alloh yang ada pada hati setiap muslim.” [2]

Ibnu Katsir rohimahuwloh dalam kitab Tafsirnya berkata :

“Tentang Firman Alloh Subhanahu wa Ta`ala (Qs. 6:153) dan firman Nya (Qs….) Ali bin Abi Tolhah yang berasal dari Ibnu `Abbas rodiyawlohu anhuma berkata :

أَمَرَ اللهُ الْمُؤْمِنِيْنَ بِالْجَمَاعَةِ وَنَهَاهُمْ عَنِ الإِخْتِلاَفِ وَالتَّفْرِقَةِ وَأَخْبَرَهُمْ أّنَّهُ إِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَهُمْ بَالْمِرَاءِ وَالْخُصُُوْمَاتِ فِى دِيْنِ اللهِ

“Alloh memerintahkan kaum mu`minin untuk berjama`ah (besatu) serta melarang mereka untuk berpecah belah dan berfurqoh. Diapun mengkhabarkan mereka bahwa binasanya orang-orang terdahulu sebelum mereka adalah disebabkan debat kusir dan omong kosong tentang agama Alloh”. [3]

Abu Nu`aim dengan sanadnya meriwayatkan tentang firman Alloh Subhanahu wa Ta`ala (Qs. 6:153) Mujahid rohimahuwloh berkata :

“(Jalan-jalan lain yang akan mengecohkan kalian dari jalanNya yang lurus itu)adalah berbagai bid`ah dan syubhat (kebodohan) ”. [4]

Ibnu Mas`ud rodiyawlohu `anhu berkata :

إِنَّ اللهَ جَعَلَ طَرِيْقًا صِرَاطًا مُسْتَقِيْمًا طَرْفُهُ مُحَمَّدٌ وَشَرْعُهُ وَنِهَايَتُهُ أَلْجَنَّةُ وَتَتَشَعَّبُ مِنْهُ طُرُقٌ فَمَنْ سَلَكَ الْجَادَّةَ نَجَا وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تِلْكَ الطُّرُقِ أَفْضَتْ بِهِ إِلَى النَّارِ

“Sesungguhnya Alloh telah menjadikan satu jalan sebagai sirotul mustaqim (jalan yang lurus) di mana titik startnya adalah Muhammad Sellewlohu `alaihi wa sallam dan syari`atnya, sedangkan finishnya adalah jannah dan ada pula jalan-jalan lain yang bercabang-cabang. Barangsiapa menempuh jalan yang lurus tadi, maka dia akan selamat. Barangsiapa yang keluar menuju jalan-jalan alternative lain, niscaya hal itu menghantarkannya ke dalam api neraka”.[5]

Beberapa Faedah:

  1. Alloh Subhanahu wa Ta`ala telah membentangkan hanya satu jalan untuk hamba-hambaNya dalam menempuh perjalanan ke surga (tempat keridoan Alloh Subhanahu wa Ta`ala), yaitu Islam, tauhid dan sunnah Rosululloh sellewlohu alaihi wa sallam serta para sohabatnya. (Inna hadza siroti)
  2. Pesan untuk hanya berittiba` kepada jalan yang hak satu-satunya dari Alloh Subhanahu wa Ta`ala itu. (Fattabi`uhu)
  3. Jalan-jalan penyelewengan dari jalan Alloh yang lurus terlalu banyak dan beragam, dari mulai kemurtadan (keluar dari Islam), bid`ah (satu kaki di Islam sedangkan kaki yang lain di luar Islam) atau penolakan perintah dan pelaksanaan larangan Alloh Subhanahu wa Ta`ala. Semua ini dilarang Alloh Subhanahu wa Ta`ala untuk diitiba`. (Wa la tattabi`us subul fa tafarroqo bikum `an sabilih)
  4. Inilah perwujudan taqwa yang hakiki : mewujudkan tauhid yang ikhlas dan aqidah yang sohihah, membumikan sunnah Rosululloh sellewlohu `alaihi wa sallam serta para sohabatnya tanpa mencampurinya dengan bid`ah (jalan-jalan alternatif lain), serta menjunjung tinggi segala perintah dan menjauhi segala larangan syari`ah. (La`allakum tattaqun)





[1] Dr. Muhammad Sulaiman Abdulloh Al Asyqor, Zubdatut Tafsir Min Fathil Qodir : 189. Hadits Ibnu Mas`ud rodiyawlohu `anhu diriwayatkan oleh Imam Ahmad : 1/465 dan Al Hakim 2/318.

[2] (HR. Imam Ahmad : 1/182 dan al Hakim : 1/73 dia berkata : shohih menurut syarat Muslim serta disepakati oleh adz Dzahabi)

[3] Imaduddin Abul Fida Ibnu Katsir, Tafsir Al Qur`an Al Adzim : 512

[4] Abu Nu`aim, Hilyatul Awliya : 3/293

[5] Muhamad Ibnu Athiyyah al Andalusi, Al Muharrir al Wajiz Fi Tafsiril Kitabil `Aziz : 677

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

Text

"Dengan Kemurnian Merekat Persatuan" Copyright © 2009 Community is Designed by lembaga nurul ilmi