Sabtu, 07 November 2009

Kesadaran


Alloh Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (dari padanya). Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al-Qur’an pun yang baru (di-turunkan) dari Robb mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main. (lagi) hati mereka dalam keadaan lalai. dan mereka yang zalim itu merahasiakan pembicaraan mereka: "Orang Ini tidak lain hanyalah seorang manusia (jua) seperti kalian, maka apakah kalian menerima sihir itu, padahal kalian menyaksikannya?.” (QS. Al Anbiyaa': 1-3)

Hari hisab semakin dekat dari hari ke hari. Jika satu hari anda berlalu, maka sebagian hari dan usia anda hilang dari anda, seperti yang dikatakan Al-Hasan Al-Basri. Manusia tidak peduli dengan tujuan penciptaan mereka, tidak mengetahui makna nama-nama Alloh Ta'ala dan sifat-sifatnya. Kita semua tahu diantara nama Alloh itu Ar-Rozzaq (pemberi rizqi). Tapi banyak diantara kita merasa getar-getir jika rizqinya diancam "dipangkas" orang lain. Kita tahu betul Alloh Ta'ala pemberi manfa'at dan madhorot. Namun, banyak diantara kita takut dan berharap kepada selain Dia. Manusia tidak begitu peduli dengan hari saat mereka akan pergi dari dunia fana ini. Mereka cuek tidak memikirkan apa yang kelak mereka terima di alam kubur. Mereka tidak memikirkan hiruk pikuk kedahsyatan hari Kiamat. Mereka lalai terhadap banyak hal, karena cinta dunia membuat mereka tidak mengetahuinya.

Umur itu laksana bazar

Umur itu laksana bazar tempat jual beli seabrek barang, baik barang bagus atau barang jelek. Orang berakal ialah orang yang memilih membeli barang bermutu, kendati harganya mahal, karena lebih awet dari barang jelek meski harganya murah. Imam Ibnu Jauzi rohimahulloh berkata:"Orang yang tahu kemuliaan alam semesta harus meraih sesuatu yang paling mulia diantara yang ada di alam semesta ini. Umur ibarat bazar dan bisnis itu beragam. Banyak orang awam berkata:"Hendaknya anda memburu sesuatu, yang bisa dibawa dengan ringan, tapi nilainya mahal". Orang yang sadar sepatutnya mencari sesuatu yang paling mahal nilainya dan sesuatu yang paling berharga didunia ialah mengenal Alloh azza wajalla. (lihat Shoidul khotir: 259)

Sadar merupakan salah satu bukti kecintaan Alloh Subhanahu wa Ta'ala kepada seorang hamba dan dia menginginkan kebaikan padanya. Seorang generasi tabi'in, Muhammad bin Sirrin rohimahulloh berkata:"Jika Alloh Subhanahu wa Ta'ala menghendaki kebaikan seorang hamba, dia memberinya pengingat dari hatinya sendiri, yang bertugas menyuruh berbuat baik dan melarangnya mengerjakan keburukan". (lihat Shifatus Shofwah: 3/243)

Selalu Sadar

Ibnu Al-Jauzi rohimahulloh menjelaskan ciri-ciri orang yang selalu sadar: "Obsesi orang mu'min selalu menyatu dengan akhirat. Apa aja yang di dunia memotivasinya ingat di akhirat. Setiap orang di sibukkan oleh sesuatu dan obsesinya ialah kesibukannya. Tidaklah anda lihat jika sekelompok orang dari berbagai kalangan masuk ke show room misalnya, maka anda lihat pedagang kain mengamati kain dan menaksir harganya? Anda lihat tukang kayu melihat atap? Anda lihat arsitek memandang tembok? Dan anda lihat penenun melihat tenunan pakaian? Sedang orang mu'min, jika ia melihat kegelapan, ia mengingat kegelapan alam kubur. Jika ia melihat hal-hal nestapa, ia ingat siksa di akhirat. Jika ia mendengar suara mengerikan, ia ingat tiupan terompet pada hari Kiamat. Jika ia melihat orang tidur, ia melihat orang-orang mati di alam kubur, jika ia melihat kenikmatan, ia ingat surga. Obsesinya selalu terkait dengan itu semua dan itulah yang selalu menyibukkannya". (lihat Shoidul Al-Khothir: 342)

Orang mu'min selalu sadar. Ia mengaitkan apa yang dilihatnya di atas bumi dengan akhirat. Ia tidak lupa sedikitpun tujuan penciptaan Alloh Ta'ala terhadap dirinya. Dengan cara seperti itu, ia selalu beribadah. Orang-orang yang sadar itu tidak satu tingkat. Mereka trbagi ke dalam beberapa tingkatan, seperti terlihat berikut ini.

Tingkatan Orang-Orang Sadar

Ibnu Al-Jauzi rohimahulloh menyebutkan tingkatan orang-orang sadar: "Ada yang dikalahkan hawa nafsunya dan wataknya menghendakinya mengerjakan apa saja yang disukainya dan menjadi kebiasaannya. Orang seperti ini 'berjalan mundur', menasihatinya tidak bermanfa'at, dan mengingatkannya sama saja dengan menambah debat kusir dengannya.

Ada lagi orang yang berdiri diantara dua posisi dalam menjalani proses mujahadah, akal yang menyuruhnya bertaqwa dan hawa nafsu yang menuntutnya melampiaskan syahwatnya.

Adalagi orang yang setelah melakukan mujahadah panjang , tapi ia kembali kepada kejahatan, lalu ia meninggal dunia sebagai orang jahat.

Ada lagi orang sekali waktu menang dan sekali waktu kalah. Luka-lukanya tidak membuatnya mati.

Ada lagi orang yang ditaklukkan musuhnya dan dipenjara, lalu musuhnya punya kesempatan luas menimbulkan was-was padanya.

Ada lagi orang yang tidak 'tidur' sejak 'bangun' (sadar) dan tidak berhenti berjalan sejak mulai berjalan. Ia berobsesi terus berjalan dan mendaki. Jika ia berhasil melintasi salah satu maqom (tingkatan), ia melihat kekurangan dirinya, lalu ia beristigfar". (lihat Shoidul Khotir: 306-307)

Kelompak terakhir itulah orang-orang yang jiwanya tinggi menyatu dengan tujuan luhur dan berhasil mengalahkan apa saja yang "berbau" tanah. Mereka orang-orang yang tidak ingat lagi tidur yang dibutuhkan setiap orang. Murid Ibnu Abbas rodhiyallohu’anhu, Thowus rohimahulloh berkata: "Ingat neraka Jahannam membuat ahli ibadah tidak bisa tidur". (lihat Shifatus Shofwah: 3/289)

Jumat, 06 November 2009

Qolbun Salim (Hati yang Bersih)


Salah satu do`a Ibrohim Alaihis sallam di dalam Al-Qur`an adalah

Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Alloh dengan hati yang bersih (qolbun salim).” (Qs. asy Syu`aro[26]: 87-89)

Ayat ini mengajarkan kepada kita beberapa renungan yang amat mulia :

1. Berdo`a merupakan salah satu peribadatan yang mulia, sikap yang dicontohkan oleh seluruh rosul dan anbiya. Ibrohim `alaihis salam adalah salah satu rosul dan nabiyulloh yang mencontohkan sikap yang mulia tersebut.

Rosululloh sellewlohu `alaihi wa sallam bersabda :

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Do`a adalah ibadah”. (Hr. At Tirmidzi)

2. Hari kebangkitan merupakan hari yang sangat dahsyat dan mengerikan, sampai-sampai seorang nabipun berharap dengan memelas agar tidak dihinakan pada hari itu. Ya.. hari di saat harta dan para putra mahkota tiada berguna bagi kita. Harta yang dimiliki kita sepanjang hidup di dunia dan putra mahkota sebanyak apapun keberadaannya tiada sama sekali dapat membantunya selamat dari murka Alloh, adzabNya dan dari api neraka yang menyala-nyala.

3. Sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi diri seseorang di hari kiamat adalah qolbun salim (Qolbu yang selamat).

Apakah qolbun salim itu ?

Ibnu Sirin rohimahuwloh berkata :

القَلْبُ السَّلِيْمُ : أَنْ يَعْلَمَ أَنَّ اللهَ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لاَ رَيْبَ فِيْهَا وَأَنَّ اللهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي القُبُوْرِ

Qolbun salim adalah qolbu yang berilmu (mengetahui) bahwa Alloh itu adalah kebenaran, hari kiamat itu pasti tiba tanpa keraguan, dan Alloh akan membangkitkan siapa saja yang ada di dalam kuburan”.

Ibnu Abbas rodiyallohu `anhuma berkata :

القَلْبُ السَّلِيْمُ : أَنْ يَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ

Qolbun Salim adalah qolbu yang bersyahadah bahwa tidak ada Ilah Yang berhak diibadahi kecuali Alloh”.

Mujahid, Al Hasan dan lain-lain berkata :

žwÎ) ô`tB tAr& ©!$# 5=ù=s)Î/ 5OŠÎ=y يَعْنِي مِنَ الشِّرْك

Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih yaitu dari kesyirikan”.

Sa`id bin Al Musayyib rohimahuwloh berkata :

القَلْبُ السَّلِيْمُ : هُوَ القَلْبُ الصَّحِيْحُ وَهُوَ قَلْبُ الْمُؤْمِنِ لِأَنَّ قَلْبَ الْكَافِرِ وَالْمُنَافِقِ مَرِيْضٌ

Qolbun salim adalah qolbu yang sehat yaitu qolbunya orang yang beriman. Karena, qolbunya orang kafir dan munafiq adalah qolbu yang sakit”.

Abu Utsman An Naisaburi rohimahuwloh berkata :

هُوَ القَلْبُ السَّالِمُ مِنَ الْبِدْعَةِ المُطْمَئِنُّ بِالسُّنَّةِ

Qolbun salim adalah qolbu yang selamat dari bid`ah dan tentram di dalam sunnah”. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir : 994)

Ibnul Qoyyim rohimahulloh berkata :

وَ لاَ تَتِمُّ لَهُ سَلاَمَتُهُ مُطْلَقًا حَتَّى يَسْلِمَ مِنْ خَمْسَةْ أَشْيَاءَ : مِنْ شِرْكٍ يُنَاقِضُ التَّوْحِيْدَ وَبِدْعَةٍ تُخَالِفُ السُّنَّةَ وَشَهْوَةٍ تُخَالِفُ الأَمْرَ وَغَفْلَةٍ تُنَاقِضُ الذِّكْرَ وَهَوَى يُنَاقِضُ التَّجْرِيْدَ وَالإِخْلاَصَ

Tidak sempurna keselamatan qolbu secara mutlak kecuali sampai dia selamat dari 5 hal :

1. (Selamat dari) syirik yang bertentangan dengan tauhid.

2. (Selamat dari) bid`ah yang menyelisihi sunnah.

3. (Selamat dari) syahwat yang menyelisih perintah (syari`ah)

4. (Selamat dari) lalai (ghoflah) yang bertentangan dengan ingat (dzikr)

5. (Selamat dari) hawa (kecenderungan diri) yang bertentangan dengan ikhlas..

(Lihat Al Jawab Al Kafi : 158-159)

RENUNGAN KEDELAPAN

KELUASAN JIWA

Alloh Subhanahu wa Ta`ala berfirman :

`yJsù ϊ̍ムª!$# br& ¼çmtƒÏôgtƒ ÷yuŽô³o ¼çnuô|¹ ÉO»n=óM~Ï9 ( `tBur ÷ŠÌãƒ br& ¼ã&©#ÅÒムö@yèøgs ¼çnuô|¹ $¸)Íh|Ê %[`tym $yJ¯Rr'Ÿ2 ߨè¢Átƒ Îû Ïä!$yJ¡¡9$# 4 šÏ9ºxŸ2 ã@yèøgs ª!$# }§ô_Íh9$# n?tã šúïÏ%©!$# Ÿw šcqãZÏB÷sムÇÊËÎÈ

Barangsiapa yang dikehendaki Alloh diberikan petunjuk, niscaya dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. dan barangsiapa yang dikehendaki Alloh kesesatannya, niscaya Alloh menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. begitulah Alloh menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (Qs. Al An`aam [6] : 125)

1. Orang yang dilapangkan dadanya menerima Islam seperti tafsir yang diuraikan Ibnu Katsir Rohimahulloh adalah :

يُيَسِّرُهُ لَهُ وَيُنْشِطُهُ وَيُسْهِلُهُ

- Diarahkan kepada Islam

- Ditumbuhkan jiwa semangat terhadap Islam

- Dimudahkan di dalam Islam

2. Bagaiman ciri-ciri bahwa seseorang mendapatkan hidayah dari Alloh Subhanahu wa Ta`ala ?

- Ibnu `Abbas rodiyallohu `anhuma (yang juga didukung oleh tafsir Abu Malik rohimahulloh dan lain-lain) berkata :

يُوَسِّعُ قَلْبَهُ لِلتَّوْحِيْدِ وَالإِيْمَانِ بِهِ

Diluaskan qolbunya untuk bertauhid dan beriman kepadaNya”.

- Abdulloh bin Al Miswar berkata : Rosululloh sellewlohu alaihi wa sallam membaca ayat ini. Mereka (para sohabat) bertanya : ya Rosululloh apa bentuk pelapangan yang dimaksud ayat ini? Beliau sellewlohu alaihi wa sallam bersabda : cahaya yang ditancapkan di dalam qolbu. Mereka kembali bertanya : Ya Rosululloh apakah ada tanda-tanda yang dapat dikenali? Beliau sellewlohu alaihi wa sallam bersabda : ya. Mereka bertanya kembali : apa itu ya Rosululloh? Beliau sellewlohu alaihi wa sallam menjawab :

أَلإِنَابَةُ إِلَى دَارِ الْخُلُوْدِ وَالتَّجَافِى عَنْ دَارِ الغُرُوْرِ وَالإِسْتِعْدَادُ لِلْمَوْتِ قَبْلَ لِقَاءِ الْمَوْتِ

a. Mendekat ke negeri yang kekal (akhirat).

b. Menjauh dari negeri tipuan (dunia).

c. Mempersiapkan diri menuju kematian sebelum tiba kematian.

(Hr. Abdurrozzaq, Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim dengan sanad mereka yang tercantum dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir : 501 – 502)

3. Sedangkan orang yang disesatkan oleh Alloh subhanahu wa Ta`ala adalah :

- yaitu orang yang digelincirkan oleh Alloh Subhanahu wa Ta`ala.

- yaitu orang yang dihalang-halangi dari jalan Alloh Subhanahu wa Ta`ala.

4. Bagaimana ciri-ciri bahwa seseorang disesatkan Alloh Subhanahu wa Ta`ala? Alloh Subhanahu wa Ta`ala menjadikan dadanya sempit dan sesak. Sempit dan sesak karena apa? Dan tentang apa?

a. Ibnu `Abbas rodiyallohu `anhuma berkata :

يَجْعَلُ اللَّهُ عَلَيْهِ الإِسْلاَمَ ضَيِّقًا وَالإِسْلاَمُ وَاسِعٌ

“Alloh menjadikan Islam sempit baginya, padahal Islam itu luas”.

b. Mujahid dan As Sudiy berkata ;

شَاكًّا

“yaitu ragu (terhadap Islam)”.

c. Ato Al Khurosani berkata :

لَيْسَ لِلْخَيْرِ فِيْهِ مَنْفَذٌ

“Tidak memiliki jendela untuk kebaikan”.

d. Ibnu Juraij berkata :

(ضَيِّقًا حَرَجًا) بِلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهٌ حَتَّى لاَ تَسْتَطِيْعُ أَنْ تَدْخُلَ قَلْبَهُ

“(Sempit dan picik) terhadap La Ilaha Illalloh sehingga dia tidak sanggup memasukinya”. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir : 501-502).

Semoga kita digolongkan Alloh Subhanahu wa Ta`ala termasuk orang – orang muslim… Amiinn.

 

About

Text

"Dengan Kemurnian Merekat Persatuan" Copyright © 2009 Community is Designed by lembaga nurul ilmi